topbella

Senin, 06 Desember 2010

Kebudayaan Di Indonesia

Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya akan warisan budaya karena Negara kita terletak pada jalur strategis. Negara ini terletak di antara dua benua dan dua samudra sehinggga Indonesia banyak di lalui oleh bangsa- bangsa di dunia. Keanekaragaman budaya yang dating dari luar sejak ribuan tahun yang lalu itu telah membentuk bangsa ini sebagai pewaris budaya.

Pada Masa Lalu kebudayaan Indonesia itu ketika manusia menggantungkan hidupnya pada batu- batuan, kemudian ketika masyarakat di suapin doktrin – doktrin agama hindu dan budha hingga tercipta megahnya candi Borobudur. Perjalanan tidak berhenti sampai di situ saja. Pengaruh Islam pun seolah tidak mau ketinggalan untuk mengambil bagian dalam percaturan kebudayaan di Indonesia adalah makam Fatimah Binti Maimun di Lereng Gresik yang sampai saat ini masih dipercaya sebagai buktitertua masuknya masyrakat muslim di pulau jawa. Dan mereka masih percaya akan hal- hal yang ghaib seperti : adanya hubungan antara yang hidup dan yang mati terutama pengaruh kuat nenek moyang yang telah mati. Satu hal yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia adalah bahwa nenek moyang telah mewariskan kepada kita ratusan bahkan ribuan kearifan local masyarakat lalu baik dalam bidang : hukum, Budaya, social, Ekonomi, Religi, dan lainnya. Dan kita sebagai warga Negara Indonesia harus menjaga warisan nenek moyang kita yang telah menitipkan kepada kita, juga harus melestarikannya sebaik mungkin.

Pada Masa Kini sistem- sistem Global telah makin menguat dan meluas khususnya dalam bidang ekonomi-moneter dan komunikasi informasi. Kebudayaan Indonesia ini lebih cederung menganut budaya mengobrol dan mendengar ketimbang budaya menulis dan membaca, kebudayaan Indonesia sekarang ini sudah lutur alias sudah hampir hilang sebab kebanyakan orang Indonesia ini sudah meniru kebudayaan barat misalnya:
1. Cara berpakaian.
2. Rumah- rumah tradisonal sudah berubah menjadi rumah model barat.
3. Alat music tradisonal sudah berubah menjadi alat music rok, pop dan lainnya.


Pada Masa Yang Akan Datang Indonesia harus lebih maju daripada Negara-negara lainnya sebab Negara Indonesia mempunyai budaya yang sangat beranekaragaman dan mempunyai ciri khas tertentu. Dan juga seharusnya Negara Indonesia tidak perlu meniru kebudayaan barat seharusnya kebudaya barat itu yang meniru kebudayaan Indonesia.
Dan Negara Indonesia harus lebih creative di banding Negara barat,




Sumber : // http: google.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

menarik yah tulisan nya..
lam kenal ...

Posting Komentar

 
FiHan© DiseƱado por: Compartidisimo