topbella

Rabu, 09 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi


Sistem Informasi Psikologi 

Nama : Hany fitriani
Npm  : 19510266
Kelas : 4 Pa05
 


Sebelum mengetahui apa itu Sistem Informasi Psikologi akan dijelaskan terlebih dahulu definisi-definisi dari masing-masing Sistem Informasi Psikologi yang pertama akan dijelaskan yaitu :
 definisi Sistem 


Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. 

Sekumpulan elemen yang saling berkaitan & saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Definisi menurut para ahli yaitu : Menurut Indrajit (2001) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Sedangkan menurut Murdick, R.G, (1991) Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau procedure-prosedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi atau energi atau barang. Dan menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo (1984) “Suatu sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi system adalah sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang mencari suatu tujuan bersama dengan mengoperasikan data secara keseluruhan yang merupakan kesatuan secara fungsional.
 




Definisi yang kedua adalah informasi 

Definisi Informasi
 
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuensi dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.  Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. Informasi adalah data yang sudah di olah, dibentuk, dimanipulasi, sesuai dengan keperluan tertentu. (Amsyah dalam Jayadi,2009).
Menurut Jogiyanto “Informasi yaitu hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya bagi menggambarkan suatu kejadian-kejadian(events) yang nyata (fact) yang berguna untuk para pengambil keputusan. Sedangkan menurut Zulkifli Amsyah “Informasi adalah data yang telah diolah dengan cara tertentu sesuai dengan bentuk yang diperlukan.
Menurut Indrajit (dalam Zubair, 2005) ”Informasi adalah hasil pengolahan data yang secara prinsip memiliki nilai atau value yang dibandingkan dengan data mentah ”Menurut Krismiaji (dalam Zubair, 2005), “Informasi adalah data yang telah diorganisasi, dan telah memiliki kegunakan dan manfaat”. Menurut pendapat lain Taylor (dalam, Jayadi,2009) informasi adalah suatu pengetahuan yang dikomunikasikan kepada orang lain.
Jadi dapat disimpulkan bahwa “Informasi adalah data-data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi penerima informasi tersebut.

Dan selanjutnya definisi psikologi
Pengertian Psikologi

Psikologi berasal dari perkataan psyche yang diartikan jiwa dan perkataan logos yang berarti ilmu atau ilmu pengetahuan. Karena itu perkataan psikologi sering diartikan atau diterjemahkan dengan ilmu pengetahuan tentang jiwa atau disingkat dengan ilmu jiwa.
Menurut para ahli definisi psikologi yaitu : Menurut Wundt (dalam walgito,2002) psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness). Pendapat lain Menurut Woodworth dan Marquis  (dalam Walgito, 2002) psikologi itu mempelajari aktivitas-aktivitas individu, pengertian aktivitas dalam arti yang luas, baik aktivitas motorik, kognitif, maupun emosional.  Menurut Branca (dalam Walgito,2002) psikologi merupakan ilmu tentang perilaku manusia. Sedangkan Ernest Hilgert (1957) mengatakan ” Psychology may be defined is the science that studies the behavior of man and other animal” yang artinya adalah psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.
 Sedangkan menurut Geoge A.M (1974) mengatakan : ” Psichology is the science that attamp to discribe, predict, and control mental and behavior events” artinya adalah psikologi adalah ilmu yang mencoba menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol mental dan tingkah laku. Menurut Clifford T. Morgan mengatakan ” Psychology is the science of human and animal behavior” atinya, Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan. Robert S. Woodworth dan Marquis mengatakan” Psychology is the scientific studies of indiviual activities relation to the inveronment ” artinya Psikologi merupakan keilmuan yang  mempelajari tentang aktifitas individu dalam hubungan dengan alam sekitarnya.
Jadi kesimpulan dari definisi diatas definisi psikologi adalah ilmu tentang kesadaran manusia dalam  mempelajari aktivitas-aktivitas individu baik aktivitas motorik, kognitif, maupun emosional dan mempelajari tentang tingkah laku manusia


Berdasarkan penjelasan diatas dapat diartikan bahwa sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang terdapat atau berisikan informasi-informasi yang berkaitan dengan psikologi yang dapat bermanfaat bagi penggunanya.



Sumber :
Jayadi.A. (2009). Kebutuhan informasi. Jakarta: FIB UI.
NN (2012). Pengertian system menurut para ahli. http://www.pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html. Di akses 11 Desember 2012.
NN (2009). Definisi system. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem. Di akses 04 Oktober 2013.
Silfi (2012).  Konsep system. wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12542/Konsep+Sistem.pdf. Diakses 05 Oktober 2013.
Syafiruddin, M. (2011). Pengertian psikologi menurut para ahli, http://www.syafir.com diakses, 19 Juni 2011.
Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset 2.
Zubair.A. (2005). Panduan praktis simulasi computer untuk sains dan teknik. Jakarta: Gunadarma

 




0 komentar:

Posting Komentar

 
FiHan© Diseñado por: Compartidisimo